Panduan untuk Mengunjungi Hutan Hujan Amazon

A Guide to Visiting the Amazon Rainforest

Ini adalah artikel tamu yang disumbangkan oleh Gloria.

Tidak dapat disangkal bahwa ada banyak tempat di seluruh dunia yang akan membuat Anda kagum dengan kehadiran mereka, tetapi Hutan Hujan Amazon adalah binatang yang sangat berbeda.

Ini adalah hutan hujan terbesar di dunia, dan ada banyak hal yang terjadi kapan saja. Ini lebih besar dari gabungan Cekungan Kongo dan Indonesia, dan Cekungan Amazon mencakup sekitar 40 persen Amerika Selatan.

Ada banyak alasan mengapa Anda ingin mengunjungi hutan hujan Amazon, dari kesempatan untuk melihat hewan endemik seperti lumba-lumba merah muda hingga mengalami kombinasi menakjubkan dari ketenangan dan adrenalin yang hanya bisa ditawarkan oleh beberapa tempat lain. Dan jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan ini dalam waktu dekat, kami memiliki panduan lengkap yang akan memberi Anda ide bagus tentang apa yang diharapkan.

Kapan Anda Harus Melakukan Perjalanan?

Hal pertama yang penting adalah merencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari. Hutan hujan Amazon sangat luas dan banyak hal berubah terus-menerus. Waktu yang disarankan untuk berkunjung adalah pada saat air surut, yaitu dari bulan Juli hingga Desember. Ini juga merupakan bulan-bulan di mana Anda paling banyak dikunjungi orang, jadi jika Anda ingin pergi saat ini, pastikan Anda membuat reservasi jauh-jauh hari dan bersiaplah untuk lonjakan harga.

Hutan hujan Amazon

Di sisi lain, jika Anda ingin bertualang, Anda bisa berkunjung selama Mei atau awal Juni. Ini masih dianggap musim air tinggi, dan Anda akan mendapatkan beberapa peluang unik, seperti kano atau kayak karena Anda memiliki akses sungai yang jauh lebih baik. Ini juga berarti bahwa semakin banyak area hutan yang terbuka untuk dijelajahi, dan semakin sedikit orang yang menghalangi. Harganya juga lebih rendah, dan Anda juga memiliki lebih banyak pilihan akomodasi.

Tempat Mana yang Harus Anda Kunjungi?

Karena ukurannya yang tipis, Anda tidak mungkin dapat menutupi seluruh hutan hujan Amazon, namun, ada beberapa tempat yang ingin Anda kunjungi terlebih dahulu. Sementara Brasil, yang menjadi rumah bagi sekitar 60% lembah Amazon, biasanya merupakan tempat utama, ada beberapa negara lain yang harus Anda pertimbangkan.

Guyana, meskipun hanya memiliki 3% dari hutan hujan Amazon, sebenarnya adalah rumah bagi salah satu bentang alam terakhir yang belum terjamah. Sebanyak 80% dari tanah adalah hutan hujan tropis perawan, berkat komunitas Amerindian yang bekerja keras untuk melestarikan hutan dengan proyek konservasi. Hal-hal yang dapat Anda alami termasuk berang-berang sungai raksasa, tapir, caiman hitam, dan lebih dari 800 spesies burung. Ini juga merupakan tempat utama di Amazon jika Anda mencari jaguar yang sulit ditangkap.

Tur di Amazon

Lumba - lumba merah muda

Kolombia dan 8% dari hutan hujan Amazon adalah pilihan lain. Anda akan menemukan infrastruktur di beberapa tempat, seperti Leticia, ibu kota Departemen Amazonas, serta di sekitar titik pertemuan perbatasan Kolombia, Brasil, dan Peru. Namun, segala sesuatu yang lain tidak tersentuh. Di sinilah Anda akan menemukan lumba-lumba merah muda yang kami sebutkan, dengan berenang di Danau Tarapoto. Ada juga lebih dari 468 spesies burung, banyak di antaranya benar-benar menakjubkan.

Sebagian besar pelancong lebih suka mengunjungi Amazon Peru. Mencakup lebih dari setengah Peru, Amazon Peru adalah yang termudah untuk diakses. Selain itu, Amazon Peru adalah rumah bagi Cagar Alam Nasional Pacaya Samiria yang terkenal di mana Anda bisa menyaksikan tontonan hutan banjir lindung terbesar di dunia. Di sini, wisatawan dapat melihat spesies tumbuhan, burung, ikan, reptil, amfibi, dan mamalia Amazon yang paling terkenal.

Last but not least, ada Venezuela, tempat yang memiliki lebih dari 18 juta hektar hutan hujan. Dan yang mengejutkan, di sini juga Anda akan menemukan salah satu tingkat deforestasi terendah karena sebagian besar wilayahnya belum dieksploitasi dan tidak tersentuh. Sebagian alasannya adalah karena menuju ke sana tidak mudah, tetapi budaya di Venezuela juga sebagian yang harus disalahkan – mereka cukup peduli dengan hutan hujan.

Akomodasi – River Cruise atau Jungle Lodge?

Seperti halnya hal lain dalam perjalanan, ini tergantung pada preferensi pribadi.

Mari kita mulai dengan pelayaran sungai, yang memiliki satu keuntungan penting – mobilitas. Ini adalah kuncinya, terutama selama musim air tinggi, karena Anda dapat menjelajahi area yang jauh lebih luas dan melihat berbagai ekosistem di dalam hutan hujan. Banyak dari mereka cenderung datang dengan perjalanan terorganisir yang berada di darat, dan memungkinkan Anda untuk menjelajah lebih dalam di siang hari, dan kembali ke kabin Anda dan tidur di malam hari.

Pelayaran Sungai Amazon

Tergantung ke mana Anda ingin pergi (dan kapan Anda pergi), ada berbagai jenis kapal pesiar yang tersedia. Jika Anda ingin mengikuti perairan sempit dan menjelajahi bagian sungai Amazon yang lebih dalam, Anda harus menggunakan perahu wisata yang lebih kecil. Namun, Anda tidak memiliki banyak kemewahan yang dimiliki perahu yang lebih besar. Ini akan sering memberi Anda pengalaman yang dekat dengan hotel bintang lima, dan Anda mungkin menemukan hal-hal seperti AC dan makanan gourmet.

Dalam kasus mengunjungi daerah terpencil dan mungkin berbahaya seperti itu, kemewahan sebagian besar mengacu pada langkah-langkah keamanan yang sangat tinggi dan pemandu yang sangat berpengalaman yang akan membantu Anda memaksimalkan perjalanan Anda di Amazon. Selain itu, kemewahan berarti penjelajahan yang aman dan tamasya terorganisir yang akan membawa Anda jauh ke dalam jantung hutan. Pilihan pelayaran adalah masalah preferensi pribadi (dan anggaran), tetapi Anda tidak bisa salah jika Anda memutuskan untuk mengalami Amazonia dari air.

Pondok hutan adalah pilihan lain, dan lebih berorientasi pada menawarkan pengalaman mendalam dengan mengorbankan mobilitas. Pondok-pondok cenderung berada di dekat suaka margasatwa, atau di dalam satu, dan dikelilingi oleh suara dan pemandangan hutan. Mereka akan memberi Anda kesempatan untuk tinggal di hutan belantara selama beberapa hari, dan Anda dapat menggunakan tur berpemandu untuk menjelajahi hutan hujan. Jika Anda menginginkan penampakan satwa liar yang lebih baik, Anda akan ingin memilih pondok-pondok yang lebih terpencil.

Untuk memaksimalkannya, Anda harus tinggal setidaknya selama tiga hari. Tergantung pada waktu kunjungan Anda, Anda biasanya akan menemukan pilihan mewah, dan yang lebih berorientasi anggaran.

Apakah Ada Potensi Bahaya?

Meskipun ada satwa liar yang luar biasa, hal paling berbahaya yang dapat terjadi pada Anda di hutan hujan Amazon adalah Anda jatuh sakit. Nyamuk yang membawa malaria dan demam kuning adalah yang harus Anda waspadai karena keduanya adalah penyakit serius. Inilah sebabnya mengapa penting bagi Anda untuk mendapatkan vaksinasi yang tepat sebelum melakukan perjalanan.

Untuk menambah ini, makanan dan air lokal adalah sesuatu yang harus diwaspadai. Meskipun relatif bersih, mereka mungkin memiliki strain bakteri dan mikroorganisme yang berbeda. Sistem kekebalan seseorang yang tidak tinggal di sana tidak terbiasa dengannya, yang dapat menyebabkan diare, demam, dan dehidrasi. Untuk mengurangi kemungkinan hal ini terjadi, tetap berpegang pada air kemasan dan makanan segar yang dicuci dengan benar.

Apa yang Harus Anda Kemas?

Mengunjungi hutan hujan Amazon sangat berbeda dari kebanyakan liburan atau perjalanan lain yang dapat Anda lakukan, jadi mengemas pengalaman seperti itu adalah sesuatu yang harus Anda persiapkan. Beberapa hal yang ingin Anda tinggalkan di rumah, sementara yang lain adalah suatu keharusan bagi siapa pun.

Kemas dalam tas ransel, atau koper yang bisa Anda atur dengan mudah. Anda tidak membutuhkan banyak hal, jadi bidiklah kualitas, bukan kuantitas. Selain itu, miliki tas ransel kecil yang dapat Anda bawa saat bepergian – Anda tidak ingin menyeret seluruh koper Anda sepanjang waktu.

Untuk berjalan, Anda membutuhkan sepatu yang kokoh atau sepasang sepatu hiking. Karena ini adalah hutan hujan, Anda juga harus membawa sepasang sandal, atau sepatu lain yang Anda tidak keberatan basah. Semakin nyaman, semakin baik.

Satu hal yang harus Anda waspadai adalah dompet akan membuat Anda menjadi target utama pencopet ketika Anda berada di kota. Untuk mencegah hal ini, dapatkan kantong, atau ikat pinggang, dan tinggalkan dompet Anda di rumah. Dan tentu saja, jangan bawa semua uang Anda saat berada di kota.

Jika Anda rentan terhadap penyakit, pastikan Anda memiliki obat pribadi yang mungkin Anda butuhkan, dan simpan di lokasi yang aman.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, pakaian. Meskipun Amazon umumnya cukup panas, Anda harus ingat bahwa jika hujan turun di malam hari, suhunya cukup dingin, dan cukup cepat. Lapisan bekerja paling baik di sini, dan Anda akan menginginkan jaket tahan air yang membuat Anda tetap hangat.

Kesimpulan

Semua hal dipertimbangkan, mengunjungi hutan hujan Amazon bisa menjadi pengalaman seumur hidup, selama Anda mengingat hal-hal yang kami sebutkan di atas. Pastikan Anda memilih waktu yang tepat untuk berkunjung, rencanakan waktu Anda di sana dengan baik, dan bersiaplah untuk apa pun yang mungkin terjadi. Pengepakan sederhana selama Anda menyimpan beberapa hal penting juga

Tur di Amazon

.

Author: wpadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *